Di Jepang ada sebuah filosofi yang dikenal dengan istilah HORENSO. Berasal dari 3 kata: HOKOKU, RENRAKU dan SODAN. Artinya: Report (laporkan), Contact / Information (komunikasikan), dan Consult (diskusikan). Dan sampai sekarang mayoritas perusahaan dan pabrik disana msh mempertahankan filosofi itu dalam bekerja.

Dan filosofi itu sendiri jarang sekali disampaikan secara eksplisit oleh atasan kepada bawahannya. Tapi seringkali disampaikan dengan cara lain yang kadang nggak disadari.

Di Jepang, seseorang hanya akan mengabdi pada 1 perusahaan seumur hidupnya, itu kenapa mereka menganggap teman kerja mereka sebagai keluarga, karena merekalah yang akan menjadi parner kerja mereka hingga masa pensiun. Dan sebagai keluarga, adalah hal yang wajar jika suatu saat mereka duduk makan bersama. Dan biasanya di moment inilah seorang yang statusnya sebagai atasan akan menyampaikan prinsip HORENSO itu ke teman kerja yg statusnya adalah bawahannya.

Tepatnya ketika si atasan memesankan hidangan sayur "bayam" untuk anak buahnya. Nggak ada yang aneh sih. Tapi klo anda tau bahasa jepang unyuk bayam juga adalah HORENSO, anda pasti tau kenapa atasan anda di perusahaan Jepang memilihkan hidangan itu diantara ratusan hidangan lain.

Happy Friday :)

@djnand