Masih inget sama postingan saya yang ini?

http://blog.serabutan.com/2016/05/16/nama-domain-blog-segera-bisa-didaftarkan/

Yap, beberapa bulan lalu, dipostingan itu, saya sempet bilang kalo pendaftaran nama domain berakhiran .blog memang akan dibagi kedalam 3 fase, yaitu:

Fase pertama dibulan Agustus 2016, khusus untuk pemilik trademark atau brand-brand terkenal yang ingin menghubungkan domain utama mereka dengan .blog untuk blog officialnya.

Fase kedua dibulan Oktober 2016, khusus untuk user (pengguna) platform wordpress.com.

Dan Fase ketiga di bulan November 2016, dimana nama domain ini akan tersedia secara publik dan bebas didaftarkan oleh siapa saja melalui penyedia domain mana saja diseluruh dunia.

Nah, setelah cukup lama dtunggu-tunggu... terhitung 28 Oktober kemarin, pendaftaran nama domain berakhiran .blog untuk fase kedua resmi dibuka. Dan itu artinya, semua user (pengguna) platform wordpress sudah bisa lebih dahulu mendapatkan domain idaman mereka sebelum TLD yang satu ini bener-bener rilis secara publik tanggal 21 November mendatang.

Dan akhirnya, difase kedua ini, wordpress pun mau secara resmi mengumumkan harga kontrak dari domain .blog ini. Dan sesuai dugaan saya, harga kotrak-nya memang diatas 200rb/tahun. Tepatnya $30 / year atau kalo dirupiahkan dengan kurs 13rb, sekitar 390rb/tahun. Dan perlu diingat kalo itu harga dari penyedia resminya.

So, bisa dipastikan ketika rilis publik nanti harganya mungkin bisa 2x itu, apalagi kalo kita belinya dari penyedia domain lokal.

Dan yang bikin saya agak geleng-geleng kepala, ternyata kalo kita mau dapetin domain ini lewat fase kedua, kita juga wajib bayar iuran awal alias early application fee sebesar $220 jadi kalo ditotal kita kudu bayar $250 atau sekitar 3,2 jt untuk tahun pertama... wedyannnn, mendingan nggo tuku domain .com wes intuk akeh wkwkkw...

Tapi, untuk anda yang berjiwa kolektor atau memang tukang kulak domain sejati, fase ini, tentu bisa banget anda manfaatin untuk nyari domain corporate dengan harapan laku dijual mahal.

Cuma kalo untuk saya pribadi mah, ngeliat prospeknya yang juga belum ketauan jelas, bakal cerah atau nggak, dari pada ngeluarin balance $30 buat beli domain .blog mending tak beliin domain .com atau .net haha...

Nah, gimana dengan anda? Masih tetep minat? kalo masih tetep minat, monggo cek sendiri ketersediaan domain anda disini https://get.blog/